Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Pemdes Cibeureum Kulon bentuk Puskesos Gemilang - DESA CIBEUREUM KULON

CIBEUREUM KULON--- tengah situasi pelik akibat Covid-19, Pemerintah Desa Cibeureum Kulon terus meningkatkan kualitas dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya dengan pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) di Desa.

Puskesos Gemilang dibentuk untuk memudahkan warga miskin dan rentan miskin di Desa Cibeureum Kulon terkait untuk menjangkau layanan Perlindungan Sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa dan Swasta/CSR. 

Dengan terbentuknya Puskesos Gemilang Desa Cibeureum Kulon diharapkan akan mewujudkan sinergitas antara Pemerintah Desa Cibeureum Kulon dengan Dinas Sosial Kabupaten Sumedang bersama OPD terkait dalam pendampingan permasalahan sosial khususnya di masyarakat Desa Cibeureum Kulon dan akan tetap dilakukan proses evaluasi sehingga kedepannyan berjalan dengan efektif.

Adapun kelompok sasaran Puskesos Desa Cibeureum Kulon nantinya adalah warga miskin dan rentan miskin yang terdapat atau tidak terdapat dalam Basis Data Terpadu (BDT), Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang ada di Desa Cibeureum Kulon, dan warga masyarakat yang memerlukan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. 

Puskesos Gemilang nantinya akan bertanggungjawab atas pelaksanaan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di Desa Cibeureum Kulon dengan tugas-tugas sebagai berikut yaitu menyusun rencana kegiatan dan anggaran untuk kegiatan Puskesos melalui Alokasi Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DD), mendukung dan memfasilitasi pemutakhiran data penerima manfaat di Desa Cibeureum Kulon, mencatat keluhan penduduk miskin dan rentan miskin kedalam sistem aplikasi Puskesos yang terhubung dengan SLRT di tingkat Kabupaten, melayani, menangani, dan menyelesaikan permasalahan penduduk miskin dan rentan miskin sesuai kapasitas Desa, dan melakukan rujukan penduduk miskin dan rentan miskin kepada pengelola program SLRT tingkat Kabupaten Sumedang. (HN.)