Deteksi Dini Kanker Rahim, TP- PKK Desa Cibeureum Kulon gelar IVA Test - DESA CIBEUREUM KULON

CIBEUREUM KULON--- TP- PKK Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka bersama UPTD Puskesmas Rawat Inap Cimalaka menyelenggarakan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan deteksi dini kanker leher rahim atau IVA Test. Kegiatan diikuti oleh 23 peserta yang terdiri dari para kader PKK, Kader Posyandu, dan masyarakat yang ada di wilayah Desa Cibeureum Kulon. 

Kegiatan berlangsung di Posyandu Gemilang 5 Desa Cibeureum Kulon Jum'at 28 Januari 2022 dengan dipantau oleh Kepala Desa Cibeureum Kulon melalui Kepala Seksi Pelayanan, Ketua BPD Desa Cibeureum Kulon, Ketua TP- PKK Desa Cibeureum Kulon, Bidan Desa dan tim dari UPTD Puskesmas Rawat Inap Cimalaka. 

Kepala Desa Cibeureum Kulon Gun Gun Turganda, S. H. mengapresiasi dan berharap dengan terselenggaranya kegiatan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan kanker leher rahim, atau IVA Test ini, di harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit tersebut, serta membantu kegiatan bidan yang ada di Desa dalam rangka mendeteksi penyakit tersebut.

“Sebelumnya, Bidan Desa sudah membentuk Kader IVA, nah kedepan peserta penyuluhan ini bisa membatu bidan Desa mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengajak warga yang belum pernah memeriksakan kesehatan reproduksinya, sehingga jika terdeteksi sejak dini, penyakit kanker rahim dapat dicegah,”pungkasnya. (HN.)